Jelajah
IMG-LOGO
Berita Lokal

DESA BANYUADEM WAKILI LOMBA SATKAMLING TINGKAT POLRESTA MAGELANG

Create By SUGIANTA 16 May 2023 11 Views
IMG

Magelang, 16 Mei 2023

 

Satkamling Dusun Trolikan RT 02 Rw 01 Desa Banyuadem, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah,  maju lomba satkamling tingkat Polresta Magelang yang dilaksanakan pada hari senin 15 Mei 2023 malam hari. Adapun lomba satkamling tingkat Polresta Magelang tersebut diselenggarakan dalam rangka agenda kegiatan rutin Satbinmas Poresta Magelang sebagai ajang pembinaan kamtibmas kepada masyarakat desa dalam penanganan kedaruratan, kebencanaan dan gangguan kamtibmas ditingkat dusun maupun RT. Dalam pelaksanaan lomba satkamling ini Polresta Magelang membagi kegiatan menjadi lima distrik di Kabupaten Magelang, sedangkan Satkamling Dusun Trolikan, Desa Banyuadem, Kecamatan Srumbung dalam kegiatan lomba tersebut mewakili distrik Salam yang meliputi Kecamatan Srumbung, Salam, dan Ngluwar.

 

Rangkaian kegiatan lomba satkamling pada kesempatan tersebut diawali dengan persembahan pentas seni tari tradisional Kubro Siswo Bergodo Mudo yang dimainkan oleh warga Dusun Trolikan RT 02.

Pada kesempatan acara tersebut, Kepala Desa Banyuadem Supriyadi dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh tamu yang hadir maupun tim penilai dari jajaran Polresta Magelang, selain itu juga mengucapkan terimakasih atas amanah yang diberikan kepada Pemdes Banyuadem sebagai wakil kegiatan lomba satkamling distrik Salam ditingkat Polresta Magelang. "kegiatan ini bukan hanya sekedar mencari juara semata,  namun lebih dari itu ilmu yang didapat oleh warga dalam hal penanganan kamtibmas di wilayah kami menjadi hal yang lebih penting".. kata dia sambil menambahkan ucapan rasa terimakasih kepada warga dan jajaran Pemdes Banyuadem yang sudah membantu persiapan demi kelancaran acara tersebut.

 

Pada kesempatan yang sama Kasat Binmas Polresta Magelang Kompol Haris Gunardi,SH. dalam sambutannya menyampaikan  apresiasi kepada warga, Pemdes Banyuadem, Sat Linmas Desa Banyuadem yang telah berkolaborasi antusias untuk mengupayakan kelancaran kegiatan lomba satkamling tersebut. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa lomba satkamling ini lebih menekankan pada kelengkapan fasilitas penunjang kegiatan satkamling dan kesiapan maupun kemampuan personil piket jaga satkamling, karena sat kamling di tingkat RT maupun Dusun menjadi ujung tombak pamswakarsa yang ada ditengah masyarakat. Dengan demikian dari jajaran Polri maupun TNI menjadi faktor pendukung saja yang memiliki tanggung jawab untuk mengupayakan pembinaan, sehingga satkamling ditingkat RT maupun dusun benar benar memiliki kemampuan dan kesiapan yang matang yang bisa diandalkan dalam penanganan permasalahan kamtibmas ditingkat RT maupun Dusun.

 

Dalam kegiatan lomba satkamling tersebut juga ditampilkan simulasi dalam bentuk drama parodi yang mengilustrasikan kegiatan satkamling Dusun Trolikan RT 02 dalam penanganan gangguan kamtibmas, parodi tersebut diperankan oleh pemuda dan warga Dusun Trolikan RT 02, tak ketinggalan Babinkamtibmas dan Babinsa untuk Desa Banyuadempun juga ikut dilibatkan dalam adegan parodi kegiatan satkamling tersebut.

 

Hadir pula dalam acara tersebut jajaran Forkompimcam Srumbung (Kapolsek, Dan Ramil, Jajaran dan Staf Camat Srumbung), Kapolsek Salam, dan Kapolsek Ngluwar, tak ketinggalan pula warga sekitar juga antusias untuk ikut menyaksikan berlangsungnya kegiatan tersebut.

Rangkaian acara kegiatan lomba Satkamling berlangsung dari pukul 20.30 hingga pukul 22.30 WIB, diakhiri dengan pembacaan Do'a oleh tokoh agama di Desa Banyuadem. (Satria)