Jelajah
IMG-LOGO
Berita Lokal

Imunisasi Polio Menjadi Hal Yang Penting Untuk di Lakukan, Orang Tua Balita Harus Memahaminya

Create By SUGIANTA 20 February 2024 204 Views
IMG

Fungsi dan manfaat imunisasi polio adalah mencegah penyakit polio atau lumpuh layu yang bisa membuat kelumpuhan, bahkan berpotensi menyebabkan kematian.

Imunisasi polio merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk melindungi tubuh dari penyakit polio sejak dini. Penyakit ini termasuk penyakit yang berbahaya dan dapat dialami oleh siapa saja, tetapi lebih sering terjadi pada balita. Oleh karena itu, setiap orang tua perlu mewaspadainya.

Polio merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus polio. Penyebaran virus ini umumnya terjadi melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi virus polio atau kontak langsung dengan tinja penderita polio.

Penyakit polio dapat menyebabkan kelumpuhan permanen, bahkan kematian. Oleh karena itu, imunisasi polio menjadi salah satu cara yang efektif untuk mencegah penyakit polio dan komplikasi yang dapat terjadi.

Imunisasi polio bertujuan untuk membuat seseorang kebal terhadap virus polio. Caranya adalah melalui pemberian   Vaksin ini dianggap efektif dalam mencegah penularan dan memicu kekebalan agar tubuh terlindungi dari infeksi virus polio.

Untuk menindak lanjuti kegiatan tersebut, kini Pemerintah Desa Banyuadem telah menyelenggarakan kegiatan vaksin dengan sasaran balita dan anak-anak sekolah usia dini. Kegiatan vaksinasi polio tersebut dilaksanakan oleh Puskesmas Srumbung pada hari Selasa 20 Februari 2024 yang dilakukan oleh dua petugas Vaksinator Puskesmas Srumbung.

(Satria)