Jelajah
IMG-LOGO
Berita Lokal

PASTIKAN BIBIT KELAPA UPAT-UPAT YANG ANDA TANAM BERASAL DARI PIT, BEGINI PENJELASANNYA

Create By SUGIANTA 01 November 2023 449 Views
IMG

Magelang, 1 November 2023

Desa Banyuadem Kecamatan Srumbung, merupakan salah satu desa penghasil kelapa di Kabupaten Magelang. Desa Banyuadem menyimpan potensi hayati berupa kelapa dalam jenis Upat-upat, yaitu kelapa dengan ukuran lebih besar dengan tekstur daging buah lebih tebal jika dibandingkan dengan kelapa pada umumnya. Kelapa ini sudah lama dibudidayakan secara turun temurun oleh masyarakat Desa Banyuadem.

 Melihat potensi tersebut maka Pemerintah Desa Banyuadem bersama Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang melalui Bidang Perkebunan melakukan  kegiatan identifikasi Blok Penghasil Tinggi (BPT) dan Penetapan Pohon Induk Terpilih (PIT) kelapa Dalam jenis Upat-upat sebagai sumber benih kelapa Dalam Upat-upat unggul lokal.

 Hasil identifikasi lapangan untuk penetapan dan penilaian BPT dan PIT kelapa Dalam jenis Upat-upat di Desa Banyuadem seluas 8 blok yang meliputi Blok 1 di Dusun Trolikan, Blok 2 Dusun Cungkup, Blok 3 Dusun Banyuadem, Blok 4 Dusun Bakalan, Blok 5 Dusun Suruh, Blok 6 Dusun Ganden, Blok 7 Dusun Gambrengan, dan Blok 8 Dusun Dadap Wangi, serta 6 blok desa sekitar yang meliputi Desa Nagablak, Desa Kamongan, Desa Jeruk Agung, Desa Kradenan, Desa Srumbung, dan Desa Tegal Randu dengan jumlah 845 PIT. Dari hasil pemetaan dan identifikasi di lapangan yang meliputi 8 Blok tersebut didapatkan populasi sebanyak 1330 PIT (Pohon Induk Terpilih) calon bibit unggul lokal kelapa dalam jenis Upat-upat yang dipilih dan diajukan ke Dirjen Bun Kementan RI, dengan produksi 13 hingga 15 buah per tandan dan 9 tandan setiap pohon per tahunnya.

 Dari ke 8 Blok diwilayah Desa Banyuadem dan 6 blok di desa sekitar yang dilakukan pendataan tersebut didapat 2175 PIT Kelapa dengan potensi produksi 234900  buah per tahun, dari sejumlah tersebut maka dapat digunakan untuk program peremajaan dan pengembangan kelapa di desa-desa se Kecamatan Srumbung serta desa-desa kecamatan lain diwilayah Kabupaten Magelang. Sehingga akan semakin meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan bagi para Petani.

Menurut keterangan Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Magelang Widiarto,SP.MMA dalam keterangan vidionya yang di unggah chanel Youtube “Genta Banyuadem” menjelaskan bahwa untuk mendapatkan bibit kelapa upat-upat ini dipastikan hanya ada di Desa Banyuadem Kecamatan Srumbung. Dan dipastikan bibit kelapa tersebut bersertifikasi dan benar-benar berasal dari pohon induk terpilih (PIT). Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa memilih bibit kelapa upat-upat harus betul-betul jeli agar tidak keliru dan pastikan bibit kelapa yang ditanam harus sudah berlabel. (Satria)

Informasi kelapa upat-upat lebih lanjut bisa anda tonton di Chanel Youtube Genta Banyuadem youtube.com/channel/UC-oapWOHo1NrKtL1NjnLNYA

 WA: 082137592522